Jumat, 27 Januari 2012

KENDALA PETANI IKAN AIR TAWAR DI KAMPUNG SUMBERREJO

Ikan air tawar adalah jenis ikan yang biasa hidup di air tawar. ikan inilah yang dipelihara oleh sebagian besar petani ikan di Kampung Sumberrejo kecamatan kotagajah kabupaten lampung tengah. Rata-rata petani ikan air tawar di kampung sumberrejo adalah petani pemula yang latar belakangnya adalah petani padi yang kini mulai beralih menjadi petani ikan karena lahan persawahan yang kurang baik hasil pertaniannya. Para petani mencari solusi membuat lahan persawahan yang ada di dataran rendah menjadi kolam ikan air tawar. Pembuatan kolam air tawar ini menggunakan alat berat exapator yang sengaja di datangkan langsung di lokasi.

Luas lokasi yang ada hingga hari ini sekitar 15 hektar dan hingga detik ini masih ada petani-petani yang membuat kolam baru. sebagaian besar petani ikan air tawar di kampung sumberrejo ini membudidayakan ikan patin, gurameh dan lele.

kendala yang sering di hadapi para petani adalah kurangnya modal pengetahuan masalah budidaya ikan air tawar. Mereka hanya mengandalkan insting mereka serta saling tukar pengalaman dengan sesama petani ikan walaupun terkadang cara yang mereka gunakan salah/tidak sesuai dengan ketentuan namun hingga saat ini panen ikan mereka selalu menguntungkan yang rata-rata keuntungan mereka hingga mencapai 100%.

kendala yang selanjutnya adalah pengairan.
Petani yang mengembangkan budidaya ikan air tawar di kampung sumberrejo yang sebagian besar adalah budidaya ikan patin selalu menemui kendala masalah pergantian air kolam saat air di kolam mereka mulai keruh akibat sisa-sisa makanan yang tidak di makan oleh ikan mereka. Mereka mengganti air kolam mereka dengan langsung mengambil air dari saluran irigasi melalui selang dan masuk ke kolam-kolam mereka.

Selanjutnya kendala yang dihadapi para petani saat ini adalah mahalnya bahan dasar pakan ikan patin. harga bahan dasar pakan ikan patin saat ini relatif mahal
para petani budidaya ikan patin di kampung sumberrejo biasa menggunakan :
1. bekatul; harga per kilo Rp. 2.800,-
2. ikan asin; harga per kilo Rp. 2.500,- sampai 3.000,- tergantung kadar air

2 bahan dasar itulah yang biasa di gunakan oleh petani.
Dalam 1 kolam mereka minimal mereka isi dengan benih ikan patin antara 5.000 ekor hingga 25.000 ekor ikan tergantung luas kolam mereka.

Adapun luas kolam mereka yang terkecila adalah 8 x 12 meter dan yang terbesar adalah ukuran 15 x 45 meter.
Biaya yang dikeluarkan untuk membuat pakan ikan per 1 ekor ikan adalah 2.700 hingga 3.000 rupiah. Hal ini yang membuat petani harus gali lubang tutup lubang. Rata-rata mereka harus meminjam dana di Bank setempat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ikutan nimbrung yuk...